Kosong

Cara Membuat Validasi dengan HTML5

Pada tutorial kali, saya akan membahas Cara Membuat Validasi dengan HTML5. Validasi merupakan sebuah peringatan atau pemberitahuan kepada user, untuk memberitahu bagian yang perlu diisi pada form yang telah di beri validasi. Dengan dibuatnya validasi pada form, maka proses input anda tidak akan berjalan selanjutnya jika salah satu form anda kosong atau belum terisi. Ada beberapa bahasa program yang dapat juga untuk membuat validasi yang pernah saya pelajari yaitu PHP, Javascript, JQUERY, HTML5 dll. Walaupun masing-masing bahasa program memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam pembuatan validasi. Dalam HTML5, kita hanya menggunakan values yang baru yang terdapat di HTML5 yaitu required. Required ini sering digunakan untuk membuat validasi dengan cara yang mudah, dan sangat simple tentunya. Baiklah tanpa basi-basi, mari kita langsung pada contoh Cara Membuat Validasi dengan HTML5. Silahkan buat file baru yaitu validation.html lalu terapkan skrip dibawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
	<title>Belajar Membuat Validasi</title>
</head>
<body>

<form>
	<label>Nama</label>
	<input type="text" name="nama" required />
	<label>
		<input type="submit" value="Tes" />
	</label>
</form>

</body>
</html> 

Setelah anda menerapkan skrip diatas, maka anda dapat menjalankan aplikasi yang kita buat tadi. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Validasi dengan HTML5
Gambar Validation





Sangat simple bukan...?? Mungkin anda dapat mudah memahaminya, tapi saya sarankan anda menggunakan Browser yang sudah support dengan HTML5, dan jika tidak maka tidak jalan seperti gambar diatas tadi. Oke, sampai disini tutorial Cara Membuat Validasi dengan HTML5 yang saya berikan, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih.
Previous
Next Post »

1. Tinggalkan Komentar Yang Positif, Kritik, dan Tidak Menjatuhkan!
2. Gunakan Emoticon yang sesuai dan tulis kode nya di kolom komentar!
3. Berkomentarlah sesuai dengan topik yang dibicarakan!
4. No SARA, kata - kata tidak sopan, berbau pornografi, LINK AKTIF tidak akan di approve !
5. Komentar anda akan di tampilkan setelah disetujui . ConversionConversion EmoticonEmoticon